Berita

    Featured Image

    Ini dia Tips Mengemudi dengan Fitur Cruise Control

    Berbicara tentang perkembangan teknologi pada mobil, terdapat berbagai fitur-fitur terbaru yang perlu dipelajari bagaimana pemakaiannya, salah satunya adalah cara menggunakan cruise control.

    Sebagai salah satu inovasi teknologi pada mobil, cruise control adalah fitur yang berguna membantu pengendara untuk mengatur kecepatan kendaraan secara otomatis.

    Pengaturan kecepatan secara otomatis ini tujuannya adalah supaya kecepatan mobil bisa tetap konsisten tanpa harus di tekan pedal gasnya secara terus-menerus.

    Kehadiran fitur ini seringkali dinilai dapat memberikan kenyamanan bagi para pengendara terutama saat melintasi jalanan yang lurus. 

    Bagaimana Cara Menggunakan Cruise Control

    Fitur cruise control saat ini telah semakin berkembang dengan ditambahnya teknologi AI atau Artificial Intelegence yang semakin mempermudah pengendara saat berkendara di mana mereka dapat mengistirahatkan kaki sejenak saat menyetir di perjalanan jauh.

    Menjadi sebuah fitur terbaru dalam dunia otomotif, terdapat langkah-langkah dalam menggunakan cruise control dimulai dari pengaturan awal sebelum menyalakannya.

    • Memacukan Kendaraan Sebelum Menyalakan Fitur Cruise Control

    Ketika hendak menggunakan fitur ini, pengendara di perlu melajukan kendaraannya terlebih dahulu.

    Lajukanlah kendaraan Anda sesuai yang diinginkan saat fitur cruise control nanti dinyalakan. Misal Anda ingin jalankan mobil dengan cruise control dengan kelajuan 80 km/jam, maka lajukanlah mobil Anda sebelumnya dengan kecepatan yang sama.

    • Tekan Tombol

    Saat sudah melajukan kendaraan, pastikan tekan tombol ON pada cruise control, lalu tekan (+) dan (-) untuk mengatur tingkat kecepatan, dan lalu tekan SET untuk menetapkan kelajuan tersebut secara konstan.

    Usai fitur itu menyala, Anda bisa istirahatkan kaki Anda dan duduklah dengan leluasa.

    Kalau mau mematikan fitur cruise control Anda dapat menekan tombol OFF pada fitur tersebut.

    Fitur ini memiliki sensor otomatis yang bisa memeriksa kondisi lalu lintas di jalanan yang Anda lalui.

    Kalau lalu lintas sedang padat, maka fitur secara otomatis akan memperlambat laju mobil Anda dan kalau sudah kembali lenggang, maka fitur akan kembali melajukan kendaraan Anda.

    Manfaat Fitur Cruise Control pada Mobil

    Selain cara menggunakan cruise control, Anda perlu juga mengetahui manfaat dari fitur ini sebagai seorang pengendara.

    Hal ini bertujuan agar bisa mempertimbangkan apakah Anda cocok atau belum dengan fitur ini saat hendak menggunakannya.  

    • Merilekskan Kaki

    Saat Anda menyalakan fitur ini, kaki Anda diistirahatkan karena mobil tersebut akan melaju secara otomatis.

    Anda tidak perlu menekan gas secara terus-menerus sehingga kaki Anda pun bisa lebih rileks selama perjalanan.

    • Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar

    Karena mobil Anda melaju dengan kecepatan yang sama dalam waktu yang lama, hal itu akan membuat penggunaan bensin atau bahan bakar menjadi lebih lama atau awet.

    Sebab, akselerasi berlebihan pada kendaraan Anda bisa dicegah secara konsisten lewat fitur cruise control.

    • Mengurangi Risiko Kecelakaan

    Dikarenakan fitur ini punya sensor otomatis yang bisa mengatur kecepatan mobil Anda sesuai kondisi jalanan, maka risiko kecelakaan bisa dikurangi.

    Bukan hanya mengatur kecepatan saja, bahkan sensor ini bisa langsung menghentikan mobil Anda sesuai kondisi jalanan.

    Tips Menggunakan Fitur Cruise Control secara Efektif

    Seperti fitur-fitur mobil lainnya, diperlukan penggunaan yang benar agar sistemnya bisa bekerja secara efektif.

    Seperti tentukan kecepatan mobil adalah di rentang 60 km/jam sampai dengan 80 km/jam, sebagai batas paling aman saat menggunakan fitur tersebut.

    Meski sudah dinilai aman, pastikan Anda menggunakan sensor keamanan tambahan saat memiliki dan memakai fitur cruise control.

    Sensor keamanan tambahan ini dapat mengatur jarak aman antara mobil Anda dengan kendaraan lainnya sehingga keselamatan bisa lebih dijaga.

    Itulah pembahasan seputar cara menggunakan cruise control pada mobil yang dapat Anda ketahui. Jika Anda ingin informasi seputar fitur mobil lainnya terutama pada mobil bermerek Suzuki, mari cek pada website https://suzukicakramobilindo.co.id/.