Berita

    Featured Image

    Kebiasaan yang Membuat Cat Mobil Cepat Rusak

    Cat mobil cepat rusak! Jangan anggap sepele masalah ini! Bukan perkara penampilan kusam pada mobil saja, namun kondisi cat yang memudar atau rusak bisa menimbulkan karat pada bodi mobil.

    Konsekuensinya, Anda perlu melakukan perbaikan dengan biaya hingga belasan juta rupiah. Jangan sampai mobil yang Anda sayang menurun performanya hanya karena ketidaktahuan dalam merawat cat mobil.

    Waspadai 5 Kebiasaan yang Buat Cat Mobil Cepat Rusak

    Banyak yang masih belum menyadari bahwa beberapa kebiasaan sederhana ternyata bisa merusak cat bodi mobil. Ketahui penjelasan selengkapnya di bawah ini.

    • Parkir di Bawah Pohon

    Memang, parkir di bawah pohon bisa menghindari dampak dari panas sinar matahari. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati dalam memilih lokasinya karena kejatuhan ranting atau terkena getah pohon bisa membuat cat mobil rusak.

    Terlebih lagi, getah pohon yang susah dibersihkan ini memiliki sifat kimia yang bisa mengelupas dan membuat cat berubah warna. Jika Anda ragu dengan risikonya, lebih baik cari tempat parkir lain.

    • Parkir di Sekitar Kawasan Binatang

    Kotoran binatang bisa menjadi ancaman serius bagi cat mobil Anda, terutama kotoran burung. Soalnya, kotoran burung mengandung asam yang bisa merusak lapisan atas cat.

    Jika dibiarkan dalam waktu lama, bisa menyebabkan noda permanen. Membersihkan kotoran ini juga berpotensi menimbulkan goresan jika tidak dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, sebaiknya hindari parkir di area yang banyak binatangnya.

    • Parkir di Tempat Terbuka

    Sinar matahari memang esensial untuk kesehatan manusia, tetapi tidak bagi cat mobil Anda. Sinar UV dari matahari bisa membuat cat mobil cepat rusak, seperti pudar dan kusam. 

    Lapisan cat yang rusak akan lebih rentan terhadap faktor eksternal lainnya seperti air dan debu. Selain itu, perubahan suhu drastis antara panas dan dingin juga bisa mempengaruhi kondisi cat.

    Misalnya, jika mobil Anda terpapar sinar matahari yang panas dan tiba-tiba hujan, perubahan suhu ini bisa membuat cat mobil Anda lebih cepat rusak.

    • Mengelap Cat Mobil secara Sembarangan

    Mengelap mobil jika dilakukan dengan sembarangan bisa berakibat fatal pada lapisan catnya. 

    Misalnya, menggunakan kain kasar atau lap yang kotor bisa menyebabkan goresan mikro pada cat. Lama kelamaan, kotoran ini akan menumpuk dan membuat cat tampak kusam. 

    Pexels.com