Berita

    Featured Image

    Ketahui Brake Pad Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

    Brake pad mobil adalah salah satu komponen dalam sistem pengereman kendaraan. Mungkin Anda lebih familiar menyebutnya dengan kampas rem. Nama lain dari brake pad ini brake shoe, fungsinya sangat vital. Jika kampas rem sudah usang namun tidak diganti bisa menghalangi kinerja sistem pengereman pada mobil Anda. 

    Hal-hal fatal dan penuh resiko bisa terjadi di jalanan apabila kendaraan tidak dilengkapi dengan komponen satu ini. Pada artikel ini akan dibahas mengenai fungsi beserta cara kerja brake pad.

    Mengetahui Apa Saja Fungsi Brake Pad Mobil

    Sebagai salah satu komponen vital yang ada di mobil, brake pada memiliki beberapa fungsi yang wajib Anda ketahui. Untuk fungsi utama dari komponen yang satu ini tentu saja memastikan bahwa mobil bisa melakukan perlambatan dan penghentian lajunya secara lebih mulus. 

    Inilah fungsi dari brake pada untuk kendaran Anda:

    • Sistem Pengereman yang Lebih Aman

    Kampas rem tugasnya krusial untuk proses penghentian laju mobil. Brake pada akan menghentikan putaran yang terjadi di rotor rem, menimbulkan gesekan dengan cakram rem. Hal itu bisa membuat keduanya menjadi aus karena muncul kekuatan panas selama kinerja pengereman berlangsung. 

    Maka, makin tebal bantalan kampas rem dan makin baru komponennya maka dapat menunjukkan performa pengereman yang lebih kuat. Mobil menjadi lebih mudah dihentikan ketika menginjak pedal rem. 

    • Pengereman yang Lebih Halus

    Fungsi selanjutnya dari brake pad mobil adalah membuat performa sistem pengereman yang lebih smooth. Brake pad yang bekerja maksimal memberikan pressure kepada perputaran cakram bisa membuat penghentian roda kendaraan dengan cepat. Apalagi jika Anda memakai jenis kampas yang berkualitas. Sehingga kinerja pengereman juga jadi lebih maksimal dan halus.

    • Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

    Jika brake pad sudah aus namun tidak kunjung diganti bisa menimbulkan suara tidak nyaman saat pengereman. Akan muncul decitan begitu pedal rem diinjak. Namun hal semacam itu tidak akan didapatkan jika Anda memiliki brake pad yang teratur dilakukan pergantian. Sehingga pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman.

    Cara Kerja Brake Pad Pada Mobil Anda

    Jika berbicara mengenai cara kerja pada brake pad tentu tidak jauh berbeda dengan sistem kerja yang dilakukan pada keseluruhan sistem pengereman. Apabila Anda menginjak pedal rem di mobl maka memberikan dorongan ke jalur rem yang berada di satu per satu roda kendaraan Anda.