Berita

    Featured Image

    Penyebab Ban Mobil Retak-retak

    Komponen penting mobil yaitu ban, terkadang tidak luput dari masalah salah satunya ban mobil retak-retak. Kondisi tersebut tentu disebabkan oleh berbagai hal yang patut Anda ketahui.

    Hal ini penting untuk diketahui karena membiarkan kondisi ban kendaraan yang retak akan berakibat fungsinya yang tidak optimal. Maka dari itu, simak berbagai penyebab ban kendaraan retak secara detail pada artikel di bawah ini!

    5 Penyebab Ban Mobil Retak, Waspadai!

    Apabila Anda memahami berbagai penyebab ban kendaraan Anda retak, maka peluang Anda untuk lebih waspada ketika menyetir akan lebih tinggi.

    Selain itu, memahami penyebab terjadinya retak pada ban menjadi langkah utama Anda menjaga kondisi ban yang lebih optimal. Maka dari itu, simak berbagai penyebabnya di bawah ini:

    • Tekanan Angin Tak Seimbang

    Penyebab pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tekanan angin pada ban yang tak seimbang atau tidak sesuai. Artinya, tekanan angin pada ban bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah.

    Tekanan angin yang tidak seimbang pada ban jika diabaikan akan mengakibatkan ban kendaraan Anda retak. Selain itu juga dapat membuat permukaan ban kendaraan tidak rata dan bagian tertentu akan tertekan secara berlebihan.

    • Akibat Cuaca Ekstrem

    Cuaca yang terlalu ekstrem juga bisa menjadi penyebab keretakan pada ban kendaraan Anda. Paparan sinar matahari atau suhu yang tinggi dari permukaan aspal akan memengaruhi kondisi ban Anda.

    Terlebih jika kondisi cuaca yang tiba-tiba hujan dan panas terik pada waktu yang singkat. Jika Anda mengalami masalah ban diakibatkan oleh hal ini, maka bisa diatasi dengan penggunaan ban kendaraan tipe all season (khusus wilayah Indonesia).

    • Ban Mengalami Aus

    Ban mobil yang retak juga dapat disebabkan karena ban yang mengalami keausan berlebihan. Ban yang aus berarti terlalu sering melintasi jalan berlubang. Hal ini wajib menjadi perhatian Anda.

    Jika Anda sering melintasi jalan berlubang, tidak hanya ban yang akan mengalami retak. Komponen velg dan kaki-kaki mobil akan berpeluang untuk mengalami kerusakan juga.

    Maka dari itu, Anda dapat mencegah hal ini terjadi dengan cara melintasi jalanan berlubang atau tidak rata dengan kecepatan yang terkendali.

    • Terpapar Zat Kimia

    Paparan zat kimia seperti bahan kimia kandungan semir ban kendaraan juga dapat menjadi penyebab retaknya komponen satu ini. Hal ini karena bahan kimia pada semir ban membuat permukaan ban menjadi keras.

    Maka, jika Anda menggunakan semir ban terlalu sering. Apalagi semir yang mengandung bahan kimia yang bisa membuat permukaan ban retak.

    • Umur Ban Kendaraan

    Umur ban kendaraan yang sudah lama atau tua juga menjadi penyebab keretakan pada ban yang paling umum. Terlebih lagi jika Anda jarang mengganti ban kendaraan sampai lewat batas masa pemakaian.

    Ban yang berusia tua akan terlihat rapuh dan kering, serta mudah mengalami keretakan. Maka dari itu, Anda rutin mengganti ban sesuai dengan masa pemakaiannya. Jangan tunggu sampai ban botak atau aus baru diganti.

    • Kelebihan Muatan

    Penyebab ban kendaraan Anda retak bisa jadi karena Anda sering membawa muatan berlebih. Karena terkadang, pengemudi mobil abai dengan angka maksimum beban muatan mobil. Terlebih jika mobil yang digunakan merupakan mobil angkut.

    Maka dari itu, mulai sekarang Anda wajib memerhatikan beban maksimum mobil Anda ketika menaikkan muatan. Jika diabaikan, tidak hanya ban retak tetapi juga kondisi pecah ban bisa terjadi.

    Penjelasan di atas cukup detil menjelaskan tentang berbagai penyebab ban mobil Anda bisa retak. Hak terpenting adalah Anda dapat mencegah hal tersebut terjadi dengan berbagai cara.

    Salah satunya adalah menjaga pemakaian ban kendaraan secara normal dan sesuai dengan aturan produsen ban. Untuk cara-caranya, Anda dapat akses pada tautan berikut ini!