Berita

    Featured Image

    Simak Penyebab Mobil Mogok & Cara Mengatasinya

    Mobil adalah kebutuhan transportasi sehari-hari bagi beberapa orang. Mulai dari mengantar anak ke sekolah, bekerja hingga mengunjungi beberapa kerabat dan teman menjadi mudah jika mempunyai mobil pribadi. Jika sudah memiliki mobil pribadi, Anda harus rajin melakukan perawatan mobil atau servis mobil agar mobil Anda tidak mudah mogok dan bermasalah.

    Mobil mogok tentu menjadi permasalahan yang menjengkelkan. Anda tidak bisa menentukan di mana tempat mobil Anda mogok, jika terjadi di jalan tol, jalan antar kota atau jalan kecil tentu akan menjadi masalah. Ternyata ada banyak penyebab mobil mogok yang umumnya terjadi pada mobil Anda. Ada beberapa penyebab mobil mogok yang sering disepelekan orang-orang, antara lain:

            1. Aki Mobil Bermasalah

    Penyebab mobil mogok biasanya disebabkan oleh aki mobil yang bermasalah. Aki merupakan komponen yang berfungsi untuk menyuplai listrik sehingga mesin dapat dihidupkan. Jika aki mobil Anda bermasalah, maka mesin akan sulit menyala.

    Aki yang rusak akan membuat mobil Anda sering mogok dan sulit dijalankan.Pada kerusakan aki yang fatal dapat menimbulkan masalah lain pada mesin apalagi jika mobil terus dipaksakan untuk berjalan.

            2.  Alternator yang Bermasalah

    Penyebab mobil mogok yang sering disepelekan pemilik mobil adalah karena alternator yang bermasalah. Sebagian orang yang memilikinya beranggapan bahwa hanya aki saja yang dapat membuat mobil mogok, ternyata anggapan tersebut salah. Kerusakan atau permasalahan pada alternator pun bisa menjadi pemicu mobil Anda mogok. Alternator memiliki peran penting karena berfungsi sebagai penyuplai listrik atau penyalur listrik ke bagian aki mobil. 

    Jika bagian supply rusak, tentu aki pun akan tidak dapat digunakan dan mesin mobil tidak akan menyala. Pastikan Anda mengecek penyebab mobil mogok terlebih dahulu sebelum membeli spare part.

            3.  Dinamo Starter Bermasalah

    Penyebab mobil mogok berikutnya adalah pada dinamo starter yang bermasalah. Komponen dinamo starter berfungsi untuk memutar mesin pertama kali. Komponen ini memang jarang sekali mengalami kerusakan, akan tetapi jika dinamo starter sudah rusak karena usia pemakaian, mobil Anda akan cepat mogok. Anda tidak harus membeli dinamo baru jika komponen ini rusak, Anda bisa membawa ke bengkel dan mengecek apakah komponen ini masih bisa direparasi atau tidak. 

            4. Karburator Mobil yang Bermasalah