Berita

    Featured Image

    Penting! Cara Mencegah Mobil Overheat pada Mobil

    Mobil overheat saat melakukan perjalanan dapat merusak komponen mobil yang akhirnya membahayakan pengendara. Apabila tidak segera ditangani, kendaraan bisa mogok atau komponen mulai aus yang bisa mengakibatkan kecelakaan. 

    Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah pencegahannya. Namun, sebelum membahas cara mencegah overheat pada mobil, sebaiknya kenali dulu pengertian dan apa saja yang menjadi penyebabnya.

    Pengertian dan Penyebab Mobil Overheat

    Kondisi overheat terjadi ketika suhu mobil naik terlalu tinggi melebihi batas normal. Meskipun sudah ada pengatur suhu di dalam mesin mobil untuk mencegah terjadinya overheat, namun kondisi ini tetep bisa terjadi karena masalah pada komponen mesin.

    Nah, penyebab mobil bisa sampai mengalami overheat karena:

    • Habisnya Cairan Radiator Coolant

    Hal ini menjadi penyebab paling umum yang mengakibatkan overheat pada mobil. Karena itu, jika volume radiator coolant sudah mau habis, segera lakukan penambahan. Jangan lupa untuk selalu mengecek radiator coolant jika Anda hendak melakukan perjalanan jauh.

    • Radiator Rusak

    Komponen ini berfungsi untuk menjaga kondisi suhu mesin supaya tetap stabil. Jika radiator rusak atau bermasalah, maka bisa terjadi overheating.

    • Thermostat Rusak

    Ketika suhu tergolong rendah, thermostat akan menahan air sehingga tidak meninggalkan radiator. Jika suhu mesin tinggi, thermostat akan memberi perintah pada radiator coolant untuk masuk ke dalam water jacket atau saluran pendingin yang terdapat di dalam mesin. Jadi, jika thermostat rusak, sistem pendinginan yang dibutuhkan mesin tidak akan bekerja.

    • Kipas Pendingin Rusak

    Untuk mendinginkan mesin, kipas pendingin akan menarik udara atau angin dari luar. Jika kipas pendingin rusak, mesin akan cepat panas dan mengalami overheat.

    • Oli yang Tidak Berkualitas

    Kualitas oli yang dipakai juga bisa jadi penyebab mobil overheat. Karena oli yang kualitasnya rendah, cenderung cepat menguap dan tidak tahan panas.

    Cara Mencegah Overheat pada Mobil

    Freepik.com

    Berikut ini, beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya overheat pada mobil:

    • Mengecek Radiator