Berita

    Featured Image

    5 Spare Part yang Memengaruhi Daya Tahan Mobil

    Jika Anda ingin memiliki mobil dengan daya tahan yang baik, maka penting untuk menjaga kondisinya secara optimal. Selain itu, sebaiknya Anda memahami apa saja spare part penting pada mobil yang memengaruhi daya tahan kendaraan.

    Apa saja spare part penting tersebut? Artikel ini akan menjelaskan 5 spare part yang fungsinya sangat vital untuk ketahanan dan performa mobil. Jadi, ikuti informasinya!

    Spare Part Ini Penting pada Mobil

    Setiap mobil tentu memiliki berbagai spare part yang mendukung kinerjanya. Di antara banyak spare part tersebut, ada beberapa yang sangat penting untuk Anda ketahui supaya bisa lebih memperhatikan penggunaan dan perawatannya.

    • Busi

    Pertama, ada spare part busi yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Busi adalah spare part dengan bentuk yang terbilang kecil, namun sangat penting bagi ruang pembakaran mobil Anda.

    Fungsi dari busi yakni untuk membantu proses memantik api di dalam ruang mesin, supaya proses pembakaran pun bisa terjadi dengan baik.

    Perlu Anda pahami bahwa komponen ini perlu diperhatikan dan diganti secara berkala. Umumnya, penggantian disarankan ketika mobil sudah mencapai pemakaian 20.000 kilometer.

    Namun, penggantian dapat dilakukan lebih cepat jika kondisi busi sudah kurang baik dan tidak efektif jika terus dipaksa bekerja.

    • Oli Mesin dan Filternya

    Oli mesin merupakan komponen yang fungsinya untuk melumasi bagian mesin mobil. Dengan adanya sistem pelumasan yang baik, maka setiap komponen mesin dapat bekerja secara stabil dan terhindar dari gesekan yang berlebihan antar komponen.

    Untuk mendukung kinerjanya, terdapat komponen filter oli yang fungsinya untuk menyaring berbagai kotoran dari proses gesekan mesin. Selain itu, filter oli juga berfungsi untuk menyaring karbon yang berpotensi masuk.

    Kedua komponen ini sangat penting untuk menjaga daya tahan mobil, sehingga jadwal penggantian berkalanya perlu diperhatikan.

    • Aki

    Spare part penting pada mobil yang selanjutnya yakni aki. Fungsinya untuk menjadi pusat dari tenaga listrik pada mobil, atau bisa disebut sebagai sumber daya listrik utama.

    Ketika mesin mobil mati, maka aki memainkan peran untuk memasok dan menyimpan energi listrik.

    Jika komponen inni mulai lemah, maka akan sangat berpengaruh pada performa mobil. Kendaraan akan sulit dinyalakan atau bahkan tidak bisa menyala sama sekali.

    Jadi, sebaiknya Anda melakukan perawatan dan penggantian aki secara berkala supaya hal tersebut tidak terjadi. Kondisi aki yang dibiarkan kurang baik juga bisa berpengaruh buruk pada daya tahan mobil.

    • Radiator

    Radiator adalah spare part penting pada mobil yang berperan dalam sistem pendinginan mobil. Secara umum, radiator memiliki fungsi untuk menghilangkan tingkat panas yang berlebihan ketika proses pembakaran sedang berlangsung.

    radiator mobilFreepik.com

    Untuk menjalankan fungsi penting ini, radiator didukung dengan coolant khusus yang bisa menyerap panas secara efektif dan dapat membuangnya dengan proses perpindahan panas.

    Jadi, jika radiator bocor atau rusak, mesin mobil bisa rentan untuk menjadi terlalu panas atau overheat.

    • Alternator

    Terakhir namun tidak kalah penting, ada alternator yang memiliki peran penting sebagai dinamo pembangkit tenaga listrik. Komponen ini juga berperan sebagai penyuplai muatan listrik untuk aki mobil.

    Penting untuk Anda pahami bahwa ketika ada gambar aki menyala pada bagian dashboard mobil, maka itu bisa menjadi pertanda adanya permasalahan listrik. Kerusakan pada alternator pun bisa menjadi penyebab hal tersebut.

    Jadi, penting untuk memeriksa kondisi komponen ini secara berkala ketika melakukan perawatan rutin.

    Itulah 5 jenis spare part yang penting dalam mobil Anda, sehingga sangat penting untuk memperhatikan penggunaan dan perawatannya secara rutin.

    Selain itu, masih banyak spare part penting pada mobil lainnya yang juga perlu dirawat secara optimal. Maka dari itu, jangan sampai Anda melewatkan jadwal servis rutin untuk memeriksa kondisi keseluruhan kendaraan!