Berita

    Featured Image

    Kenali, Komponen Gardan pada Mobil

    Apakah Anda sudah tahu apa itu gardan mobil serta berbagai komponen di dalamnya? Gardan dan komponennya, akan menjadi pembahasan menarik kali ini.

    Gardan, yang dikenal juga dengan istilah diferensial, merupakan komponen penting bagi mobil yang berfungsi untuk membedakan putaran yang terjadi pada roda mobil. 

    Ketika roda mobil hendak berbelok ke kanan atau ke kiri, gardan akan membedakannya sehingga tetap pada satu poros.

    Tujuan dari pembedaan putaran ini yakni supaya dapat mencegah terjadinya slip di antara bagian roda mobil dan jalan di bawahnya.

    Komponen Gardan Mobil dan Fungsinya

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gardan memiliki fungsi penting ketika mobil hendak berbelok.

    Misalnya, jika hendak berbelok ke kiri, akan diatur supaya roda kiri di bagian belakang mempunyai lintasan yang lebih pendek jika dibandingkan roda kanan bagian belakang. 

    Supaya dapat terjadi hal tersebut, maka roda kiri bagian belakang perlu untuk berputar dengan lebih lambat dibandingkan roda kanan bagian belakang.

    Lalu, apa saja komponen yang terdapat di dalam gardan mobil? Berikut merupakan penjelasan komponen dan fungsinya: 

    • Pinion Gear

    Komponen ini berbentuk nanas dan berfungsi sebagai roda gigi untuk pemutar. Tugasnya adalah membedakan side gear bagian sisi kanan dan kiri. Hal itu dilakukan ketika terdapat perbedaan beban pada roda ketika mobil mulai berbelok. 

    Bagian ini menjadi penyalur tenaga dari bagian poros propeller ke arah rangkaian gardan. Selain itu, ia merupakan bagian penting dan paling terlihat. 

    Fungsinya sudah jelas, yaitu sebagai penopang dan menjalankan fungsi mesin mobil sehingga dapat berjalan sesuai kemudi. Ban adalah bagian yang bergesekan secara langsung dengan jalan.

    • Drive Pinion Shaft

    Bagian gardan mobil satu ini merupakan poros dari roda gigi pinion, berfungsi sebagai penyalur putaran serta sebagai poros propeller. Drive pinion shaft ini biasanya tersambung secara permanen dengan pinion gear.

    • Ring Gear

    Bagian selanjutnya dari gardan mobil yakni ring gear. Bagian ini memiliki bentuk mirip cincin, namun berukuran cukup besar. 

    Ring gear memiliki fungsi untuk menerima putaran yang berasal dari pinion gear, serta dapat mengubah sudut putarannya sampai 90 derajat.

    • Differential Carrier