Berita

    Featured Image

    Tips Hack Merawat Mobil yang Jarang Diketahui

    Merawat mobil merupakan hal yang wajib dilakukan dan memang membutuhkan dana yang cukup besar. Sebut saja servis rutin, perbaikan dan penggantian part, hingga mencuci mobil di doorsmeer atau carwash.  

    Tenang, Anda bisa menerapkan beberapa trik tersembunyi, atau dikenal juga dengan istilah life hack, yang minim biaya demi menjaga performa kendaraan. 

    Bahkan, bahan yang digunakan pun bisa dengan mudah di temukan di sekitar lingkungan Anda. Apa saja dan bagaimana cara melakukan perawatan mobil ala life hack tersebut? Berikut ulasannya. 

    Life Hack Simpel dalam Merawat Mobil  

    Ternyata masih banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui jika ada trik sederhana yang bisa digunakan untuk menjaga performa kendaraan. Padahal, mulai dari pasta gigi, soda, hingga jepitan baju yang terbuat dari kayu, semua bisa dimanfaatkan. 

    Penasaran, berikut ini beberapa life hack yang bisa Anda terapkan saat melakukan perawatan pada mobil.

    • Pasta Gigi

    Life hack pertama adalah memanfaatkan pasta gigi yang tidak mengandung bahan pemutih untuk membersihkan kaca lampu mobil. 

    Anda hanya perlu mengoleskannya secara merata, lalu gosok menggunakan kain yang lembut dan halus dengan gerakan memutar sampai lapisan buram pada lampu menghilang. 

    • Soda, Cola, Deterjen, dan Lemon

    Salah satu bagian kendaraan yang kerap terabaikan adalah bagian pelek yang terlihat kotor, bahkan hingga berkarat. Untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel, bisa dengan menggunakan larutan soda yang dicampur dengan deterjen. 

    Bisa juga dengan menggunakan larutan cola dengan deterjen atau larutan lemon dengan air hangat. 

    Sebelum mengaplikasikan salah satu campuran larutan tersebut, pelek harus dicuci terlebih dahulu guna menghilangkan tanah atau pasir yang menempel. 

    Semprotkan larutan ke bagian pelek lalu biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lap dengan kain bersih yang lembut hingga kering.

    • Jepitan Baju

    Merawat mobil jangan fokus pada bagian bodi saja, tapi perhatikan juga ruang kabinnya. Ternyata, untuk mengantisipasi aroma tak sedap di dalam mobil tidak harus menggunakan parfum mobil yang mahal. 

    Ruang kabin bisa tetap harum hanya dengan memasang jepitan baju yang terbuat dari bahan kayu pada lubang atau kisi-kisi AC. Jangan lupa tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender, lemon, atau kopi. 

    Ingat, jangan menyalakan AC sesaat setelah meneteskan minyak esensial demi keamanan. 

    • Cat Kuku 

    Selain mampu memberikan warna yang indah pada kuku, ternyata cat kuku juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan mobil. Cairan pewarna kuku ini bisa digunakan untuk mengatasi cat mobil yang tergores. 

    Hanya saja, Anda harus bisa mencocokkan cat mobil dengan warna cat kuku yang cukup dekat saat hendak menerapkan life hack ini pada bodi mobil yang tergores tipis. 

    Selain itu, Anda juga bisa memperbaiki kaca depan mobil yang retak dengan mengaplikasikan cat kuku bening secara merata agar retakan tidak menyebar lebih jauh. 

    • Toilet Plunger

    Siapa yang menyangka jika alat penyedot toilet atau toilet plunger bisa memperbaiki mobil yang penyok tanpa dibawa ke bengkel. 

    Anda hanya perlu menuangkan air panas ke bagian bodi yang penyok lalu pasang toilet plunger dan tarik secara perlahan hingga bodi kembali ke bentuk semula. 

    • Minyak Zaitun 

    Life hack berikutnya adalah menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan dashboard

    Hanya dengan mengaplikasikannya pada dashboard lalu menggosok sisa minyak yang tidak terserap hingga kerap, akan membuat panel depan mobil terlihat mengkilap seperti baru tanpa lengket. 

    • Mayonaise

    Terakhir, cobalah menggunakan mayonaise untuk menghilangkan noda yang terlihat menempel di mobil. Caranya adalah dengan mengaplikasikan saus ini ke bagian mobil yang kotor dan diamkan selama 10 menit lalu gosok sampai bersih. 

    Pada dasarnya, kendaraan yang dirawat secara teratur niscaya akan awet dan performanya pun tetap terjaga. Baik dengan melakukan servis rutin di bengkel resmi maupun menggunakan life hack yang minim biaya.